Kamis, 16 Oktober 2014

RPP Titrasi Asam Basa



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah  : SMAN 2 Lipunoto
Mata Pelajaran  : Kimia
Kelas/Semester : XI/Dua           
Materi pokok     Titrasi Asam Basa
Alokasi Waktu   : 4 x 60 menit (2x pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
KI 1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalamberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat danminatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
SIKAP :
1.1   Menyadari adanya keteraturan dari sifat titrasi asam basa sebagai wujud kebesaranTuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki sikap kerjasama, kreatif, bertanggung jawab, toleran, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
1.3   Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
1.4   Menunjukkan perilaku responsive dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
PENGETAHUAN : 
3.11 Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data  hasil titrasi asam basa.
Indikator:
Pertemuan 1
1.       Mengetahui pengertian titrasi asam-basa
2.       Menjelaskan prinsip dasar titrasi asam-basa
3.       Menggunakan indikator dalam titrasi asam-basa
Pertemuan 2
1.       Menjelaskan cara menentukan konsentrasi dan kadar berdasarkan data percobaan titrasi asam-basa
KETERAMPILAN
4.11 Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil  percobaan titrasi asam-basa.
Indikator:
Pertemuan 1
1.       Merancang percobaan titrasi asam-basa
2.       Melakukan percobaan titrasi asam-basa untuk menentukan konsentrasi suatu asam atau basa
3.       Mengamati dan mencatat data hasil percobaan
4.       Menganalisis data hasil percobaan
Pertemuan 2 :
1.       Menghitung kadar/konsentrasi asam atau basa berdasarkan data hasil percobaan titrasi asam-basa
2.       Menyimpulkan bahwa titrasi dapat digunakan untuk menghitung kadar/konsentrasi suatu asam atau basa.
3.       Mempresentasikan hasil dari percobaan yang dilakukan
C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.       Siswa dapat menyadari adanya larutan asam-basa sebagai wujud Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
2.       Siswa dapat menjelaskan pengertian titrasi asam-basa
3.       Siswa dapat mengetahui prinsip dasar titrasi asam-basa
4.       Siswa dapat menggunakan indikator sesuai bahan yang digunakan.
5.       Siswa dapat melakukan percobaan titrasi asam-basa
Pertemuan 2
6.       Siswa dapat menghitung konsentrasi/kadar asam atau basa dengan titrasi
7.       Siswa dapat menyimpulkan manfaat dari titrasi asam-basa
D.     Materi Pembelajaran
v  Fakta
§  Rasa Asam
§  Konsentrasi asam cuka
v  Konsep
§  Titrasi asam basa
§  Titran dan Titrat
§  Titik ekuivalen
§  Indikator
§  Larutan asam-basa
v  Prinsip
§  Teori asam-basa
§  Volume titran yang digunakan
·         Prosedur
§  Langkah-langkah dalam titrasi asam basa.
Titrasi asam basa digunakan untuk menentukan molaritas/kadar larutan asam atau basa. Titrasi merupakan suatu metode analisis kuantitatif didasarkan pada pengukuran volume titran yang bereaksi sempurna dengan analit. Titran merupakan zat yang digunakan untuk mentitrasi. Analit adalah zat yang akan ditentukan konsentrasi/kadarnya. Zat yang akan ditentukan molaritasnya dititrasi oleh larutan yang molaritasnya diketahui (larutan baku atau larutan standar) dengan tepat dan disertai penambahan indikator. Fungsi indikator di sini untuk mengetahui titik akhir titrasi. Jika indikator yang digunakan tepat, maka indikator tersebut akan berubah warnanya pada titik akhir titrasi. Titrasi asam basa merupakan metode penentuan molaritas asam dengan zat penitrasi larutan basa atau penentuan molaritas larutan basa dengan zat penitrasi larutan asam.
Titik akhir titrasi (pada saat indikator berubah warna) diharapkan mendekati titik ekuivalen titrasi, yaitu kondisi pada saat larutan asam tepat bereaksi dengan larutan basa.Penetapan kadar suatu larutan ini disebut titrasi asam-basa. Saat perubahan warna indicator disebut titik akhir titrasi. Untuk menyatakan perubahan pH pada saat titrasi digunakan grafik yang disebut kurva titrasi. Kurva titrasi memudahkan kita dalam menentukan titik ekuivalen. Jenis asam dan basa yang digunakan akan menentukan bentuk kurva titrasi. Dalam perhitungan selanjutnya, digunakan persamaan antara volume dan konsentrasi masing-masing zat yang dititrasi dengan penetrasinya dan berlaku rumus sebagai berikut :
V1   N1     =       V2   N2
Dimana:            V1  = Volume zat penetrasi/standar (mL),
     N1 = Normalitas zat penetrasi/standar (N),
     V2 = Volume zat yang dititrasi (mL),
     N2 = Normalitas zat yang diititrasi (N)
E.      METODE PEMBELAJARAN:
Mengunakan pendekatan saintifik dan metode eksperimen dan diskusi.
F.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.       Media : LCD dan laptop
2.       Alat     : Seperangkat alat titrasi
3.       Bahan : Larutan HCl, NaOH dan indikator PP
4.       Sumber Belajar : 1. Buku Kimia Kelas XI SMA /MA.
2. Supplement  books: Lembar kerja    
3. Internet
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Aktifitas
Waktu
Pendahuluan
1.     Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2.     Guru mengecek kehadiran siswa.
3.     Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, guru mengajukan pertanyaan bagaimana rasa dari buah jeruk?
4.     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
10 menit
Kegiatan Inti

·      Guru menanyakan tugas membaca informasi dari berbagai sumber tentang titrasi asam basa.
·      Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil
·      Guru menanyakan bagaimana memilih indikator yang tepat dalam titrasi asam basa? Dan kapan tanda titrasi selesai?
·      Siswa dapat memprediksi indikator yang dapat digunakan untuk titrasi asam basa
·      Siswa dapat melakukan percobaan titrasi asam basa.
·      Siswa mengamati dan mencatat data hasil titrasi
·         Siswa mengolah data hasil percobaan
·      Salah satu kelompok mempresentasikan hasil percobaan dan yang lainnya menanggapi
65 menit
Penutup
1.          Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang materi yang diajarkan
2.          Guru memberikan tugas untuk membaca tentang cara menentukan kadar dan konsentrasi
3.          Guru memberitahu agar laporannya dikumpul pertemuan selanjutnya
4.          Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit



Pertemuan 2
Kegiatan
Aktifitas
Waktu
Pendahuluan
1.       Guru memberi salam dan menanyakan kabar peserta didik.
2.       Guru mengecek kehadiran siswa.
3.       Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu guru mengajukan pertanyaan cara menentukan konsentrasi keasaman jeruk?
4.       Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
10 menit
Kegiatan Inti Guru

·      Guru menanyakan tugas mencari informasi dari berbagai sumber tentang cara menghitung kadar
·      Guru menanyakan bagaimana menguji kebenaran konsentrasi suatu produk, misalnya cuka dapur 25%.
·      Siswa mengkaji hasil percobaan yang didapatkan sebelumnya untuk menyamakan persepsi dengan literatur
·      Siswa menentukan kemurnian suatu zat
·      Peserta didik berdiskusi untuk menentukan hasil percobaan yang benar.
·      Siswa mengkomunikasikan bahwa untuk menentukan kemurnian suatu zat dapat dilakukan dengan cara titrasi asam basa.
 65 menit
Penutup
1.               Guru bersama siswa melakukan refleksi tentang materi yang telah diajarkan
2.               Siswa diminta menyampaikan kesimpulan dari materi
3.               Guru memberikan pekerjaan rumah terkait materi yang diajarkan
4.               Guru memberikan tugas untuk membaca materi tentang kurva titrasi asam-basa.
5.               Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
15 menit



G.     Lampiran
Lampiran 1: Lembar Pengamatan Sikap Individu
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
                                                      Mata Pelajaran          : KIMIA
                                                      Kelas/Semester        : XI/II
                                                      Tahun Ajaran            : 2014/2015
                                                      Waktu Pengamatan     :

Indikator perkembangan sikap kreatif, tanggung jawab, kerjasama, toleran dan komunikatif
1.        BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas
2.       MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.       MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.       MK (membudaya) jika menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Jujur
Toleran
Peduli
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















Keterangan
1           BT= kurang
2           MT= sedang
3           MB= baik
4           MK= sangat baik


Lampiran 2 : Lembar Observasi dan kinerja presentasi mengenai sikap ilmiah saat percobaan dan diskusi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI DAN KINERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran  : KIMIA
Kelas/Program   : XI /IPA
Kompetensi       : ……………
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentase
Jumlah
Skor
Kreatif
Tanggung Jawab
Kerjasama
Disiplin
Persentasi
Visual
Isi

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

1.        
Yhan
4
4
3
4
4
3
3
25
2.        









3.        









4.        









5.        










v  Keterangan pengisian skor :
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

v  Presentasi Kelompok
Aspek:
1. Penguasaan Isi
2. Teknik Bertanya/ Menjawab
3. Metode Penyajian


v  PEDOMAN PENILAIAN:
a.          Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
b.          Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
v  INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.    Jujur
a.    Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan yang sebenarnya
b.    Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
2.    Disiplin
a.    Selalu hadir di kelas tepat waktu
b.    Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c.    Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
3.    Tanggung jawab
a.    Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
b.    Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
c.    Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
d.    Partisipasi dalam kelompok
4.    Peduli
a.    Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
b.    Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.    Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.    Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
5.    Kerja sama
a.    Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
b.    Menunjukkan sikap bersahabat
c.    Berusaha menemukan solusi permasalahan secara bersama dlm kelompoknya
6.    Toleran
a.    Menunjukkan sikap menghargai pendapat orang lain
b.    Menerima pendapat orang lain jika pendapatnya ditolak
c.    Tidak memaksakan kehendaknya

7.       Kreatif
a.       Mengemukakan ide-ide yang cemerlang
b.       Menemukan hal-hal yang bersifat baru

v  Siswa dibagi atas 5 kelompok dengan nama-nama :
Kelompok I                                Kelompok II                                           Kelompok III
1. Yana                                     1. Roma                                                1.  Dudi
2. Aino                                      2. Yuli                                                   2.
3. Rina                                      3. Anti                                                   3.
4. Saiman                                 4. Romi                                                 4.
5. Rudi                                      5. Rima                                                 5.
                                               
Kelompok IV                                         KelompokV
1. Ali                                                     1.
                                    2. Surya                                                2.
3. Vina                                                  3.
                                    4. Ayu                                                   4.
                                    5. Siska                                                            5.
Lampiran 3 : Lembar sikap ilmiah saat diskusi
LEMBAR PENGAMATAN KINERJA INDIVIDU
Mata Pelajaran  : KIMIA
Kelas/Program   : XI /IPA
Kompetensi       : ……………
No
Nama Siswa
Keaktifan Saat Diskusi

KETERANGAN


Persentasi
Bertanya
Menjawab
Menanggapi
Menambahkan

1
Yhan
















2






















3






















4






















5






















6






















7






















8






















9






















10






















11
12


























Lampiran 4: Lembar Kerja Percobaan
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran  : KIMIA
Nama               :
Kelas/Program   : XI  /IPA
Kelompok          :
Kompetensi       : Eksperimen
1.       Judul
Penentuan Konsentrasi HCl dengan Titrasi
2.       Tujuan
3.1   Menentukan titik ekivalen pada titrasi
3.2   Menentukan konsentrasi HCl dengan cara titrasi asam-basa
3.       Petunjuk :
Lembar kerja ketika selesai percobaan, ditinggalkan diatas meja masing-masing setelah dicopy untuk dijadikan data pada saat pembuatan laporan. Laporan akan dikumpul pada pertemuan selanjutnya.
4.       Konsep Dasar
Reaksi penetralan asam-basa dapat digunakan untuk menentukan kadar (konsentrasi) berbagai jenis larutan, khususnya yang terkait dengan reaksi asam-basa. Kadar larutan asam ditentukan dengan menggunakan larutan basa yang telah diketahui kadarnya. Demikian pula sebaliknya, kadar larutan basa ditentukan dengan mengunakan larutan asam yang diketahui kadarnya. Proses penentuan kadar larutan dengan cara ini disebut titrasi asam-basa.
Titrasi dilakukan untuk menetapkan molaritas suatu larutan dengan menggunakan larutan lain yang telah diketahui molaritasnya. Larutan peniter itu kita sebut larutan standar. Ketepatan (akurasi) dari konsentrasi larutan yang dititer, salah satunya bergantung pada kepastian molaritas dari larutan peniter. Jika molaritas larutan peniter tidak pasti, maka molaritas larutan yang dititer pastilah tidak akurat.
Pada percobaan ini, kita akan menentukan molaritas HCl dengan larutan NaOH 0,1 M. Untuk itu, sejumlah larutan HCl ditempatkan dalam erlenmeyer, kemudian ditetesi dengan NaOH 0,1 M (dalam buret) sehingga keduanya ekuivalen (tepat habis bereaksi). Titik ekuivalen dapat diketahui dengan bantuan indikator. Titrasi (penetesan) dihentikan tepat pada saat indikator menunjukkan perubahan warna. Saat indikator menunjukkan perubahan warna disebut titik akhir titrasi.

5.       Prosedur Kerja
1.       Buatlah larutan NaOH 0,1 M sebanyak 100 mL.
2.       Isi buret dengan larutan NaOH 0,1 M hingga garis 0 mL.
3.       Masukkan 10 mL larutan HCl yang tersedia ke dalam erlenmeyer, kemudian tetesi dengan indikator PP sebanyak 3 tetes.
4.       Tetesi larutan HCl dengan larutan NaOH. Penetesan harus dilakukan secara hati-hati dan labu erlenmeyer terus–menerus digoncangkan. Penetesan dihentikan saat terjadi perubahan warna yang tetap, yaitu menjadi merah muda.
5.       Hitung volume NaOH 0,1 M yang digunakan.
6.       Ulangi prosedur di atas hingga diperoleh tiga data yang hampir sama.
7.       Tentukan volume rata-rata larutan NaOH 0,1 M yang digunakan.
8.       Tentukan molaritas larutan HCl tersebut.
6.       Lembar Pengamatan
Lengkapilah hasil pengamatan dibawah ini:
Percobaan
Volume HCl (mL)
Volume NaOH 0,1 M (mL)
1
10 mL

2
10 mL

3
10 mL

Rata-rata
10 mL

7.       Pertanyaan
1.       Sebutkan prinsip dasar dari titrasi asam-basa!
2.       Apa kegunaan dari PP (fenolftalein)?
3.       Warna apakah yang terlihat pada titrat saat titik ekivalen? Mengapa demikian?
4.       Bagaimana cara menentukan konsentrasi HCl? Jelaskan!
8.       Kesimpulan
……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..……………………………………………..…………
9.       Daftar Pustaka
Lampiran 5: Lembar Penilaian Hasil Belajar
1.       Jenis dan teknik penilaian : Ulangan harian dilakukan dengan tes tertulis
   : Tugas (tulisan)
v  Ulangan Harian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan jelas!
1.       Apa yang dimaksud dengan titran dan titrat? (skor 4)
2.       Sebutkan prinsip dasar dan manfaat dari titrasi! (skor 10)
3.       Sebutkan langkah-langkah dalam melakukan titrasi asam basa! (skor 15)
4.       Tentukan indikator yang dipakai pada penetralan: (skor 6)
a. asam kuat oleh basa kuat
b. asam lemah oleh basa lemah
c. basa lemah oleh asam kuat
5.       Sebanyak 10 mL larutan HCl dititrasi dengan larutan NaOH 0,1 M menggunakan indikator fenolftalein. Jika perubahan warna indikator menjadi merah muda diperlukan 12,5 mL larutan penitrasi, maka tentukan molaritas larutan HCl tersebut. (skor 15)
6.       Untuk mengetahui % asam cuka dilakukan dengan titrasi 2 mL larutan asam cuka dan memerlukan 35 mL larutan NaOH 0,1 M. Massa jenis larutan 950 g/L!  Tentukan molaritas asam cuka dan berapa % kadar asam cuka tersebut? (skor 20)

            Nilai =                                                     X 100
            Skor Total = 60
                             
v  Tugas
1.       Apa yang dimaksud dengan titik akhir titrasi dan titik ekivalen? (skor 5)
2.       Sebutkan indikator yang digunakan dalam titrasi asam-basa dengan trayek warnanya! (skor 15)
3.       Sebanyak 250 mL larutan H2SO4 0,1 M dapat dinetralkan oleh larutan KOH 0,3 M. Berapa mL volume KOH yang diperlukan? (skor 20)


Lampiran 6 : Laporan Praktikum
   Laporan praktikum menyajikan laporan hasil percobaan tentang daya  hantar listrik larutan elektrolit kuat,  larutan elektrolit lemah, dan larutan nonelektrolit.
v Aspek Penilaian pada:
1. Visual laporan
2. Kelengkapan
3. Jawaban pertanyaan
4. Sesuai dengan urutan sistematika laporan
v  Susunan laporan adalah sebagai berikut
a.    Judul
b.    Tujuan
c.    Landasan teori
d.    Alat dan bahan  (sertakan dengan gambar)
e.    Langkah kerja
f.      Data percobaan
g.    Jawaban pertanyaan
h.    Kesimpulan
i.      Referensi


Buol, .....................
Kepala SMA Negeri 2 Biau                                             Guru Mata Pelajaran KIMIA
                                                                                   
                                               
Abdul Jiyad M.pd                                                           Nurhayana S.pd
NIP. ........................                                                   NIP. ........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar